Monday, May 26, 2008

Vitamin C, E Kurangi Penderitaan Anak Asma

Polusi udara yang begitu buruk biasanya sangat mempengaruhi anak yang menderita asma. Itulah sebabnya anak tersebut sebaiknya dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau bervitamin C dan E.

Dikatakan peneliti Meksiko bahwa pengaruh polusi ozon pada anak penderita asma bisa dikurangi dengan memberi makanan yang kaya akan antioksidan vitamin C dan E, sehingga bisa melindungi paru mereka.

"Makanan nampaknya menjadi faktor pendamping penting dalam kesehatan pernafasan anak-anak," kata penulis Dr. Isabelle Romieu dari Institut Nasional Kesehatan Masyarakat di Meksiko.

Penelitian ini diadakan Romieu untuk menentukan apakah suplemen antioksidan bisa melindungi anak-anak penderita asma dari polusi di wilayah metropolitan Mexico City. Sebab pada penelitian sebelumnya diindikasikan bahwa anak-anak di daerah itu mengalami kemunduran dalam fungsi paru dan meningkatnya masalah pernafasan mereka.

Dalam penelitian ini sebanyak 158 anak dilibatkan. Secara acak mereka dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok mendapat suplemen harian berupa vitamin dan kelompok lainnya mendapat pil plasebo tidak aktif. Mereka diamati dari bulan Oktober 1998 sampai April 2000.

Secara keseluruhan, anak-anak yang diteliti memang sudah mendapat vitamin C yang direkomendasi dalam makanan mereka, tetapi mereka belum cukup mendapat vitamin E.

Para peneliti menemukan bahwa suplemen vitamin melindungi kelompok anak-anak itu dari menurunnya aliran pernafasan yang dipaksa, menurunnya sejumlah udara yang dikeluarkan dari paru dalam satu periode tertentu, dan volume pernafasan yang padat, sebuah pengukuran ketahanan aliran udara, yang terlihat di kalangan mereka yang mendapat pil plasebo.

Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.

Meskipun penelitian ini melibatkan sekelompok anak yang menderita asma ringan, menengah dan parah, pengaruh suplemen vitamin kebanyakan terlihat pada anak-anak yang menderita asma menengah dan parah, kata laporan tersebut.

Dari sini bisa dikatakan bahwa anak yang menderita asma lebih rentan terpengaruh dampak paparan ozon karena menurunnya pertahanan antioksidan di paru, kata peneliti.

Sebagai kesimpulannya, anak-anak yang sangat terpapar dengan polusi udara membutuhkan asupan yang lebih banyak dari vitamin-vitamin ini untuk melindungi paru mereka sehingga mereka seharusnya mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C an E, termasuk buahan-buahan asam dan sayur-sayuran hijau.
(dari beberapa sumber)

No comments: